Loading .. Please wait

KOLABORASI KNKT DAN FTMD ITB UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS SDM KESELAMATAN TRANSPORTASI

Image

JAKARTA – Akademisi memiliki peran yang vital dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan negara, tidak terkecuali pada bidang keselamatan transportasi. Hal ini mendasari KNKT untuk menyelenggarakan kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama pada tanggal 24 Juli 2023 di Gedung Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) antara KNKT dan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Perjanjian kerja sama ini melibatkan dua pihak yang bersinergi untuk mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan, saling menghormati, dan saling mendukung berdasarkan prinsip keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam perjanjian KNKT diwakili oleh Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono. Sedangkan FTMD ITB diwakili oleh Dekan FTMD, Tatacipta Dirgantara.

Tujuan dari perjanjian kerja sama ini adalah untuk Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia. Melalui kerja sama ini, kedua belah pihak berkomitmen untuk saling mendukung dalam hal pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas sumber daya manusia dalam bidang keselamatan transportasi. “Mungkin dengan kerja sama ini kita juga banyak hal-hal yang memang membutuhkan penelitian atau kerja sama dengan perguruan tinggi. Jadi saya harapkan dengan adanya kerja sama yang sekarang ini, kedepannya ada kerja sama dengan perguruan tinggi lain.”, ujar Ketua KNKT saat membuka acara penandatanganan.

Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini meliputi dukungan dan bantuan tenaga ahli, sarana investigasi kecelakaan, serta prasarana perbantuan investigasi kecelakaan transportasi yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Selain itu, perjanjian ini juga bertujuan untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia melalui perbantuan investigasi kecelakaan transportasi.

Dalam semangat kerja sama yang saling menguntungkan, kedua belah pihak sepakat untuk memberikan dukungan dan bantuan lainnya sesuai dengan kesepakatan bersama. Kolaborasi dalam aspek-aspek tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, pengetahuan, dan kesadaran keselamatan dalam transportasi, serta berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi masyarakat pengguna transportasi di Indonesia. “Kami sangat menyambut baik dan mudah-mudahan komunitas yang punya kepedulian terhadap keselamatan transportasi ini semakin lama semakin besar baik di KNKT maupun di ITB.”, tambah Dekan FTMD di kesempatan yang sama.

Kerja sama ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keselamatan transportasi. Dengan adanya dukungan dan sinergi antara KNKT dan FTMD ITB, diharapkan akan lebih banyak ahli dan peneliti yang terlibat dalam investigasi kecelakaan transportasi serta pengembangan sistem keselamatan yang lebih baik di masa depan.

Diketahui sebelumnya KNKT telah sering melibatkan dosen-dosen dan akademisi dari ITB dalam berbagai jalannya organisasi, termasuk sebagai tenaga ahli dalam berbagai investigasi dan kegiatan pendukung lainnya. KNKT dan FTMD ITB berkomitmen untuk bekerja sama dengan baik dan saling mendukung demi keselamatan transportasi yang lebih baik di Indonesia.

Share:

BERITA TERKAIT

Survey