Loading .. Please wait

KNKT HIMBAU PT ASDP UNTUK PRIORITASKAN PELAYANAN KEPADA LANSIA DAN ANAK-ANAK DI PELABUHAN

Image

JAKARTA – Persiapan menjelang musim libur lebaran tahun 2023, keselamatan pelayaran kapal penyeberangan bukanlah satu-satunya hal yang menjadi perhatian para pihak terkait. Fasilitas pendukung pelabuhan seperti toilet dan tempat parkir juga menjadi perhatian utama demi memberikan kenyamanan kepada para penumpang.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggelar kegiatan Accident Review Forum (ARF) terkait Keselamatan Pelayaran Kapal Penyeberangan pada Angkutan Lebaran tahun 2023 pada 01 Maret 2023 di Merak, Banten.

Pelaksanaan dilakukan secara hybrid dengan turut dihadiri Kepala Deputi Pencarian, Pertolongan dan Kesiapsiagaan BNPP, Ketua Umum DPP GAPASDAP, Vice President Health, Safety, and Environment ASDP, Head Division of Marine Meteorological Information BMKG, Koordinator Kelompok Kesyahbandaran dan Patroli TSDP, serta beberapa regulator juga stakeholders lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, Soerjanto Tjahjono selaku Ketua KNKT meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) untuk menyediakan toilet tambahan dan tempat parkir khusus bagi para lansia dan anak-anak. “Meskipun secara aturan tidak diperbolehkan ada perlakuan khusus bagi penumpang tapi mungkin lansia dan anak-anak bisa diprioritaskan. Artinya di sini ada kepedulian kita mengenai masalah kesehatan dan keselamatan tehadap penumpang yang rentan, guna menghindari penumpang lansia dan anak-anak pingsan saat mengantre toilet yang terlalu lama dan mengalami sakit akibat terpapar asap kendaraan lain,” ujar Soerjanto.

Namun, para penumpang juga dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan ketertiban di fasilitas umum seperti toilet dan tempat parkir. Para penumpang diharapkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan agar fasilitas tersebut dapat terus digunakan dengan baik.

Tak hanya itu, KNKT juga mengingatkan para penumpang untuk tetap tenang dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas keamanan dalam situasi darurat. Apabila terjadi insiden yang tidak diinginkan, para penumpang diharapkan segera menghubungi petugas keamanan untuk mendapatkan bantuan.

Soerjanto juga meminta kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) untuk menyiapkan kapal yang siaga di tengah laut agar pertolongan dapat dilakukan dengan cepat jika terjadi kapal tenggelam. Hal ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir adanya korban dalam kecelakaan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.

Dalam rangka memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang pada angkutan lebaran tahun 2023, KNKT terus mengawasi dan memperhatikan seluruh aspek yang terkait dengan pelayaran kapal penyeberangan. KNKT juga berharap para penumpang dapat mematuhi aturan dan tetap waspada selama perjalanan.

Share:

BERITA TERKAIT

Survey