Loading .. Please wait

KNKT FOKUSKAN PEMASANGAN REL GONGSOL YANG BERKESELAMATAN

Image

JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melaksanakan peninjauan lapangan di Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan PT. KAI (Persero) dalam rangka peningkatan keselamatan moda perkeretaapian.

Perjalanan diawali pada tanggal 8 Februari 2023 menuju Lampung via Pelabuhan Merak. Di Pelabuhan Merak, tim KNKT menyempatkan waktu untuk melakukan kunjungan dan menyampaikan pesan keselamatan di PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak terkait kendaraan yang tercebur ke laut ketika sedang menaiki kapal penyeberangan.

Pada 9 Februari 2023, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pengecekan lintas pada Km 3+8/0 petak blok Geruntang-Sukamenanti untuk melihat kondisi perbaikan jalan rel yang rusak akibat adanya anjlokan KA 3066A yang terjadi pada tanggal 18 Januari 2023, serta melihat perawatan rel gongsol yang telah dilakukan berdasarkan rekomendasi yang telah disampaikan pada rapat yang telah dilaksanakan di KNKT.

Agenda berikutnya adalah melakukan inspeksi dengan menggunakan kereta inspeksi dari stasiun Tanjungkarang, Divre IV Tanjungkarang sampai dengan stasiun Kertapati, Divre III Palembang. Di dalam kereta inspeksi juga dilakukan diskusi-diskusi terkait isu-isu keselamatan perkeretaapian serta bagaimana rencana perbaikan dan ide-ide out of the box dengan melihat secara helicopter view khususnya di Divre III Palembang dan Divre I Tanjungkarang.

Kegiatan ditutup dengan melakukan kunjungan dan menyampaikan pesan keselamatan di LRT Sumatera Selatan dengan Kepala Stasiun Asrama Haji dan perwakilan dari Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Selatan pada tanggal 10 Februari 2023. Kegiatan tersebut juga paralel dengan menggunakan LRT dari Stasiun Bumi Sriwijaya menuju stasiun Asrama Haji dan kembali lagi ke Stasiun Bumi Sriwijaya. Selesai melakukan kunjungan dan menyampaikan pesan keselamatan, dilanjutkan dengan perjalanan kembali ke Jakarta.            

Share:

BERITA TERKAIT

Survey