Loading .. Please wait

KNKT DAN ITDA SEPAKAT BEKERJA SAMA MENINGKATKAN KESELAMATAN TRANSPORTASI DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENERBANGAN

Image

YOGYAKARTA – Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono menandatangani naskah Nota Kesepahaman dengan Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITD Adisutjipto) pada tanggal 29 Februari 2024 bertempat di Aula Husein Sastranegara Kampus ITD Adisutjipto Yogyakarta.

Selain dengan KNKT, ITD Adisutjipto juga menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa instansi antara lain Akademi Angkatan Udara, Pangkalan TNI Angkatan Udara Adisutjipto, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo, Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY, beberapa perguruan tinggi, serta pihak swasta.

Nota Kesepahaman antara KNKT dan ITD Adisutjipto ini bertujuan untuk saling mendukung, meningkatkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi informasi, dan segala sumber daya di bidang teknologi penerbangan yang dimiliki oleh kedua belah pihak. Adapun ruang lingkup kesepakatan ini meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kunjungan industri, praktisi mengajar, penggunaan fasilitas, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pertukaran data dan informasi, serta kegiatan lain yang disepakati oleh kedua pihak.

Soerjanto dalam kata sambutannya mengungkapkan bahwa telah menjadi kewajiban KNKT untuk membagikan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh KNKT kepada semua pihak dalam tujuan untuk meningkatkan keselamatan transportasi di Indonesia ini. Pihak akademisi dan pendidik menjadi salah satu target yang sangat sesuai dalam berbagi pengetahuan tersebut.

“Perguruan Tinggi yang baik akan menghasilkan mahasiwa yang baik. Mahasiswa yang baik dan pintar akan memajukan bangsa ini. Kemajuan teknologi bangsa ini tergantung pada mahasiswa-mahasiwa tersebut,” ujar Soerjanto. Ditambahkannya, KNKT akan selalu mendukung langkah-langkah tindak lanjut dari Nota Kesepahaman ini baik dalam bentuk kerja sama atau kegiatan lainnya dalam upaya mendukung perbaikan di sektor transportasi.

Rektor ITD Adisutjipto, Arwin Datumaya Wahyudi Sumari, menyampaikan rasa terima kasih kepada KNKT dan semua pihak yang telah terlibat dalam penandatanganan Nota Kesepahaman. Beliau berharap bahwa kesepakatan ini dapat diwujudkan dalam kegiatan-kegiatan lapangan yang nyata sebagai langkah konkret tindak lanjut peningkatan keselamatan transportasi dan pengembangan teknologi penerbangan di Indonesia.

Dengan adanya kerja sama ini, diharapkan dapat terbentuk kolaborasi yang erat antara KNKT, ITD Adisutjipto, dan semua pihak terkait untuk bersama-sama memajukan negeri melalui peningkatan kualitas SDM dan pengembangan teknologi khususnya di sektor transportasi penerbangan.

Share:

BERITA TERKAIT

Survey