Loading .. Please wait

KNKT AJAK JASA RAHARJA LAKUKAN SOSIALISASI KESELAMATAN MUDIK SAAT BERPUASA

Image

JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengajak Jasa Raharja untuk melakukan sosialisasi keselamatan mudik angkutan jalan tahun 2023. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya keselamatan dalam melakukan perjalanan mudik menggunakan angkutan jalan khususnya pada saat berpuasa.

Menurut Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, hal ini perlu dilakukan mengingat jumlah pemudik pada saat musim lebaran selalu meningkat tajam. "Kami ingin memastikan bahwa masyarakat yang melakukan perjalanan mudik khususnya para pengemudi yang sedang berpuasa untuk lebih sering beristirahat demi menjaga konsentrasi selama berkendara terutama di jalan tol agar dapat sampai ke tujuan dengan aman, nyaman, dan selamat" kata Soerjanto.

Adapun isi pesan keselamatan tersebut, KNKT mengimbau kepada para pengemudi yang berpuasa untuk melakukan istirahat cukup, hindari makanan penyebab kantuk, patuhi batas kecepatan, jaga jarak aman, perbanyak istirahat jika kehilangan konsentrasi, perhatikan tekanan angin pada ban, sabar dan patuhi lalu lintas, pahami rute perjalanan, cermat gunakan aplikasi navigasi untuk hindari jalur alternatif berbahaya, hindari membawa penumpang dan barang berlebih.

Pesan sosialisasi keselamatan berupa leaflet dan spanduk akan didistribusikan ke beberapa Rest Area dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).  Dengan adanya sosialisasi ini, KNKT berharap agar masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya keselamatan. KNKT juga berharap kepada semua pihak, termasuk operator angkutan jalan dan masyarakat umum agar dapat bekerja sama dalam menerapkan isi pesan keselamatan demi terciptanya perjalanan mudik yang aman, nyaman, dan selamat.  

Share:

BERITA TERKAIT

Survey