Loading .. Please wait

KNKT AJAK AHM UNTUK SOSIALISASI KESELAMATAN TRANSPORTASI PADA ANGKUTAN LEBARAN 2023

Image

JAKARTA – Dalam rangka memastikan keselamatan para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor khususnya roda dua, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengajak PT Astra Honda Motor (AHM) untuk melakukan sosialisasi keselamatan transportasi angkutan lebaran tahun 2023. Hal ini penting untuk menjadi perhatian bersama mengingat pada tahun-tahun sebelumnya banyak pemudik kendaraan roda dua yang melakukan perjalanan menuju kampung halaman pada malam hari.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi angkutan kendaraan pada jalan non-tol dalam laporan yang dimuat oleh Badan Kebijakan Transportasi, tercatat bahwa jumlah kendaraan di jalan non-tol periode mudik lebaran tahun 2022 didominasi oleh sepeda motor.

KNKT mengakui bahwa AHM telah berkontribusi besar dalam meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara melalui program-program sosialisasi yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, KNKT berharap AHM dapat turut berpartisipasi dalam program keselamatan transportasi angkutan lebaran tahun 2023.

Pesan sosialisasi keselamatan transportasi berupa penyebaran leaflet ini akan didistribusikan ke beberapa Rest Area dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Adapun isi dari pesan keselamatan tersebut, KNKT mengimbau kepada para pengemudi untuk melakukan istirahat dan tidur yang cukup, hindari membawa penumpang dan barang berlebihan, hindari menggunakan kecepatan berlebih, gunakan safety gear berwarna terang dan reflektor, pastikan sistem penerangan dan rem berfungsi dengan baik, jaga jarak aman dengan pengendara lainnya, hindari jalur yang sepi dan/atau minim marka jalan, dan berhentilah jika merasa lelah di tempat yang aman.

“Kita harus memastikan bahwa perjalanan pulang kampung dapat berlangsung dengan aman dan nyaman tanpa harus mengorbankan keselamatan” ujar Soerjanto Tjahjono selaku Ketua KNKT. Diharapkan melalui sosialisasi ini, masyarakat dapat lebih sadar akan pentingnya keselamatan dalam berkendara.      

Share:

BERITA TERKAIT

Survey