Loading .. Please wait

KNKT GELAR DISKUSI BERSAMA TERKAIT KESELAMATAN TRANSPORTASI PENGANGKUT COMPRESSED NATURAL GAS (CNG)

Image

JAKARTA – Dalam rangka peningkatan keselamatan mobil pengangkut tabung Compressed Natural Gas (CNG) dan mobil berbahan bakar CNG, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengadakan diskusi bersama pihak terkait dengan beberapa topik pembahasan, yaitu mengenai regulasi, standarisasi, serta pelaksanaan teknis sertifikasi kelaikan, pengujian, dan pengawasan, baik kondisi baru maupun berkala terkait kualitas CNG yang didistribusikan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG), tabung CNG beserta instalasi, kendaraan bermotor pengangkut CNG dan kendaraan bermotor berbahan bakar CNG.

Kasus kecelakaan ledakan truk pengangkut tabung CNG di Jalan Raya Sukabumi-Bogor Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terjadi pada 27 November 2023 hingga saat ini masih dalam proses investigasi oleh tim investigator KNKT.

“Guna mencari penyebab kejadian ledakan dan menyusun rekomendasi yang akan menjadikan sistem penggunaan CNG lebih aman di masa mendatang, saat ini KNKT berupaya melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk kami ajak berdiskusi. Hal ini perlu sama-sama kita pikirkan bagaimana cara yang seharusnya dilakukan untuk menjaga keselamatan transportasi kendaraan pengangkut CNG serta proses pendistribusian melalui SPBG,” ujar Soerjanto selaku Ketua KNKT dalam sambutan pembuka acara diskusi.

Pelaksanaan diskusi diselenggarakan di Kantor KNKT pada 11 Januari 2024 yang dihadiri oleh perwakilan dari beberapa kementerian, antara lain Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Ketenagakerjaan. Turut hadir juga perwakilan dari PT. Pertamina Gas, perusahaan yang turut berperan dalam distribusi CNG.

Dengan diadakannya diskusi ini, KNKT berharap dapat tercipta solusi yang komprehensif untuk meningkatkan keselamatan dalam pengangkutan dan penggunaan CNG. Selain itu, pihak terkait dapat melakukan evaluasi terhadap regulasi yang ada, standar keselamatan, serta pelaksanaan sertifikasi dan pengawasan terkait CNG.

Share:

BERITA TERKAIT

Survey