CAPAIAN KINERJA KNKT TAHUN 2023
JAKARTA – Dalam rangka mewujudkan keselamatan dan
meningkatkan layanan transportasi, Komite Nasional Keselamatan Transportasi
(KNKT) secara konsisten melakukan investigasi dan memberikan rekomendasi
terhadap kecelakaan yang terjadi. Menjelang akhir tahun ini, KNKT menggelar
Media Rilis Capaian Kinerja Tahun 2023 di Kantor KNKT, bertujuan sebagai
platform diskusi untuk mendorong upaya bersama dalam peningkatan keselamatan
transportasi di Indonesia.
Hasil
investigasi KNKT sepanjang tahun 2023, tercatat bahwa Moda Penerbangan
menyumbang angka terbesar sebanyak 7 kasus kecelakaan dan 13 kejadian serius
dengan jumlah investigasi kategori runway excursion yang mendominasi.
Diikuti Moda Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) sebanyak 10 kecelakaan, Moda
Pelayaran sebanyak 6 kecelakaan, dan Moda Perkeretaapian sebanyak 4 kecelakaan.
Moda
Penerbangan telah menyelesaikan 13 laporan awal, 5 laporan akhir dan memberikan
11 rekomendasi yang ditujukan kepada Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia (2),
Operator Pesawat Udara (4), Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (2)
dan Operator Bandar Udara (3). Accident pesawat udara Cessna C208B yang
menabrak gunung di Papua, dan Boeing 737 yang mengalami kejadian tail strike
sebanyak 4 kali menjadi kejadian paling menonjol sepanjang tahun 2023. Terkait
kejadian-kejadian ini, KNKT telah berkoordinasi dengan operator pesawat udara
untuk melakukan tindakan perbaikan.
Pada
Moda LLAJ, terjadi penurunan angka kecelakaan yang semula berjumlah 18 kasus di
tahun 2021 dan 15 kasus di tahun 2022. Terdapat 3 kasus kecelakaan paling
menonjol di tahun 2023 di antaranya yaitu kecelakaan tunggal jatuh ke jurang
mobil bus pariwisata B-7260-CGA, di Kawasan Wisata Guci, kecelakaan di Exit Tol
Bawen, Jawa Tengah, dan kecelakaan beruntun truk tronton dengan kendaraan
lainnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Jawa Barat. Adapun total laporan akhir
yang telah diselesaikan oleh moda LLAJ sebanyak 7.
Selanjutnya, berdasarkan data investigasi dari tahun 2013-2023 pada Moda Pelayaran, terjadinya kecelakaan didominasi berupa kebakaran kapal bersumber dari eksternal kapal yaitu muatan truk (53%) dan kendaraan (47%). Sepanjang tahun 2023, moda pelayaran telah menyelesaikan 11 laporan akhir dengan 44 rekomendasi yang 82% di antaranya masih berstatus open. Kecelakaan paling menonjol di tahun ini yaitu, ledakan dan kebakaran kapal tangki minyak Kristin, kebakaran kapal Ro-Ro penumpang, dan kebakaran 62 kapal ikan di kolam pelabuhan Tegalsari.
Diurutan terakhir, Moda Perkeretaapian telah menyelesaikan 3 laporan awal, 1 laporan akhir, dan 1 draft laporan akhir (menunggu safety action stakeholders). Selama tahun 2023, rekomendasi keselamatan yang telah ditindaklanjuti oleh pihak penerima rekomendasi sebanyak 87% dengan status close, sehingga rekomendasi keselamatan yang belum ditindaklanjuti sebesar 13% dengan status open. Kasus kecelakaan KA 17 (Argo Semeru) di KM 520+4 petak jalan Stasiun Sentolo – Wates, Daop 6 Yogyakarta menjadi kejadian yang paling menonjol di tahun ini.
Selain
investigasi, keempat moda transportasi KNKT juga aktif dalam berbagai kegiatan
seperti pelatihan pengembangan kemampuan, tinjauan lapangan, inspeksi
keselamatan, rapat koordinasi, partisipasi dalam kegiatan internasional,
monitoring tindak lanjut rekomendasi, Focus
Group Discussion (FGD), Accident
Review Forum (ARF), dan penandatanganan nota kesepahaman terkait kerja sama
antar instansi.