Loading .. Please wait

LANGKAH LANJUT INVESTIGASI KNKT PADA TABRAKAN KERETA BANDUNG

Image

JAKARTA – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melaksanakan investigasi terkait kasus tabrakan antara KA 350 (CL Bandung Raya) dan KA 65A (Turangga) di Km 181+700 petak jalan Cicalengka – Haurpugur, Daop 2 Bandung pada 05 s/d 08 Januari 2024. Proses penyelidikan dan analisa masih terus dilakukan tim investigator moda perkeretaapian KNKT guna mencari penyebab terjadinya kecelakaan dan menerbitkan rekomendasi keselamatan atas kasus tersebut.

Dalam upaya untuk memahami lebih lanjut, KNKT memandang perlu melakukan serangkaian tindakan investigasi dan pemeriksaan secara mendalam. Langkah-langkah yang diambil antara lain, KNKT akan melakukan functional test menyeluruh terhadap peralatan persinyalan mekanik di Stasiun Cicalengka dan persinyalan elektrik di Stasiun Haurpugur. Pemeriksaan ini akan memberikan gambaran mengenai keadaan dan kinerja peralatan yang terlibat dalam pengaturan perjalanan kereta api.

Selanjutnya, akan dilakukan bench check terhadap perangkat Interface Block Module (IBM), yaitu mengevaluasi kelayakan dan fungsionalitas perangkat yang mungkin berperan dalam kejadian tersebut. Langkah terakhir, KNKT akan mengadakan pertemuan dan pembahasan bersama pihak terkait untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut, berbagi temuan awal, dan berdiskusi dalam rangka menemukan kemungkinan penyebab terjadinya kecelakaan.

“Kami akan terus memberikan pembaruan kepada publik seiring berjalannya investigasi. Keselamatan dan keamanan publik adalah prioritas utama, dan KNKT berusaha untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan tersebut guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang,” kata Soerjanto Tjahjono selaku Ketua KNKT menegaskan bahwa KNKT berkomitmen untuk memberikan transparansi dan akuntabilitas selama proses investigasi kasus ini berlangsung.

Share:

BERITA TERKAIT

Survey