Berita KNKT

PERESMIAN FASILITAS REHAT PENGEMUDI PT TRANSPORTASI JAKARTA

Admin Portal - Jumat, 11 Maret 2022
Jumlah Dilihat: 332 kali

JAKARTA –Menindaklanjuti hasil rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan sebagai langkah wujud nyata perbaikan serta peningkatan keselamatan khususnya pada transportasi publik, PT Transportasi Jakarta mengadakan acara peresmian fasilitas rehat pengemudi tanggal 24 Februari 2022 di Halte Transjakarta Ragunan, Jakarta Selatan.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono menyampaikan rasa terima kasih sekaligus apreasiasi terhadap langkah yang telah dilakukan oleh PT Transjakarta, “KNKT itu tugasnya selain investigasi juga memprovokasi, jadi kami berterima kasih, senang sekali rasanya salah satu solusi dari permasalahan yang ada mengenai bagaimana cara kita mencegah kelelahan karena sebagian besar atau 80% kecelakaan itu disebabkan karena masalah human factor mulai teratasi. Sekali lagi terima kasih atas peran dari teman-teman transjakarta untuk menindaklanjuti rekomendasi yang KNKT berikan dan kami akan tetap bersama mewujudkan peningkatan keselamatan”.

“Dengan adanya fasilitas tempat peristirahatan pengemudi ini, bagi yang merasa capek akan bisa rileks sebentar dan juga disediakan air minum karena kalo manusia kekurangan air artinya cairan di otak berkurang, salah satu akibatnya adalah kelelahan atau fatigue yang hebat”, terangnya.

Saat ini PT Transjakarta sedang melakukan pembinaan terhadap kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi terlaksananya program Transjakarta Bus Academy untuk seluruh pramudi, baik milik swakelola maupun mitra operator yang akan dibekali hal-hal penting terkait pengoperasionalan.Seperti pengetahuan dan teknik mengemudi yang berkeselamatan, antisipatif, dan ekonomis. Baik ketika berada di dalam koridor Transjakarta, maupun saat beroperasi di kondisi mixed-traffic. Selain itu, pengemudi juga akan diberikan pendidikan karakter agar dapat berkendara dengan lebih baik lagi, taat pada aturan berlalu lintas, dan melayani pelanggan dengan prima.
Hal ini selaras dengan program KNKT bersama Kementerian Perhubungan yaitu mengadakan sekolah khusus pengemudi demi menciptakan kualitas SDM pengemudi yang berkualitas. Kedua program ini merupakan upaya peningkatan kualitas layanan dalam segala aspek, dalam hal ini terkait profesionalitas SDM.

“Dan kita harapkan dalam waktu dekat ini selain masalah-masalah dari keselamatan itu banyak, tidak bisa satu per satu kita abaikan tapi satu per satu kita hilangkan. Kita akan terus melakukan evaluasi, jadi pekerjaan ini sifatnyacontinue (berkelanjutan)terus bergulir dan kami KNKT ingin menjadikan transjakarta menjadi role model untuk transportasi di Indonesia. Tugasnya tranjakarta itu berat karena transportasi transjakarta ini sebagai etalase Indonesia di muka dunia”, ujar Soerjanto.

Bus academy adalah program pertama yang ada di Indonesia, KNKT sangat berharap bahwa dengan adanya pelatihan baik internal maupun mitra dari transjakarta ini didapatkan hasil yang maksimal.Dengan adanya fasilitas peristirahatan yang pertama di Indonesia dengan kualitas sebaik tempat istirahat pilot di Bandara, diharapkan ke depannya masyarakat Indonesia bisa saling menghormati pengemudi. Hal-hal seperti ini merupakan bagian dari kewajiban kita semua untuk menjaga agar pengemudi menjalankan tugasnya secara baik. Tidak sebagai tumpuan atas semua kesalahan atau kecelakaan yang terjadi, tapi kita memberikan apa yang mereka butuhkan. Adanya fasilitas istirahat yang baik ini bagian dari salah satu bagaimana kita mencapai standar pelayanan minimum agar keselamatan bisa lebih ditingkatkan.

KNKT juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih bersabar mengingat perbaikan-perbaikan yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan keselamatan khususnya pada transportasi publik memerlukan waktu yang tidak sedikit agar dapat terselesaikan.

GPR KOMINFO