Berita KNKT

PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN KNKT DAN AMAYO

Admin Portal - Kamis, 07 April 2022
Jumlah Dilihat: 164 kali

YOGYAKARTA – Telah dilaksanakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding / Nota Kesepahaman tentang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan sumber daya di bidang keselamatan transportasi antara Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dengan Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta (AMAYO) pada Kamis, 31 Maret 2022 di Yogyakarta.

Kerja sama yang dijalin antara KNKT dan AMAYO memiliki ruang lingkup seputar bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan kapasitas sumber daya manusia, penggunaan fasilitas bersama, pertukaran data dan informasi, dan kegiatan-kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Ditandatanganinya nota kesepahaman ini menciptakan dasar pelaksanaan kegiatan untuk mendukung penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh kedua belah pihak sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, diharapkan nantinya dapat mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan, saling menghormati, dan saling mendukung berdasarkan prinsip keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung peningkatan mutu akademik.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran manajerial sangatlah krusial pada keselamatan transportasi. “Kalau kita runut, di banyak kecelakaan, faktor manajemen menjadi faktor terbesar penyebab kecelakaan. Pernah terjadi kecelakaan Pesawat Garuda, masalahnya sebenarnya adalah masalah yang sepele, yaitu keputusan manajemen dalam pelaksanaan training. Rata-rata 80% dari penyebab kecelakaan adalah kesalahan manajemen,” ujarnya

Dalam sambutan yang sama, Soerjanto juga menekankan bahwa peran guru ataupun dosen amatlah penting dalam membangun kompetensi dan kualitas SDM Indonesia di masa yang akan datang. “Karena masalah manajemen ini banyak terjadi, maka keberlangsungan dan kualitas SDM kita di masa depan adalah tanggung jawab dari bapak dan ibu dosen,”, tambahnya.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan di kampus AMAYO ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Dies Natalis AMAYO yang ke-20. Pada tahun ini acara ulang tahun AMAYO mengangkat tema “Mendunia Bersama Generasi Cerdas, Berakhlak, Penuh Integritas Menuju Masa Depan Cemerlang”.

GPR KOMINFO