Berita KNKT

KNKT DUKUNG AHM DALAM PEMBENTUKKAN ACCIDENT RESEARCH CENTER

Admin Portal - Selasa, 01 Maret 2022
Jumlah Dilihat: 340 kali

JAKARTA – Dalam rangka mendukung program pengembangan keselamatan khususnya kendaraan bermotor roda dua melalui Accident Research Center, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan PT Astra Honda Motor (AHM) sepakat menjalin kerja sama. Hal ini merupakan bentuk sinergi AHM bersama dengan pemerintah dalam mewujudkan keselamatan dan kenyamanan berkendara di jalan raya.

Penandatanganan nota kesepahaman atas kerja sama ini dilakukan oleh Marketing Director AHM, Thomas Wijaya dan Ketua KNKT, Dr. Ir. Soerjanto Tjahjono di Auditorium Gedung Selatan, PT Astra Honda Motor, Jakarta Utara pada 11 Februari 2022.

KNKT bersama AHM akan melibatkan sumber daya yang dimiliki untuk saling mendukung, meningkatkan, dan mengembangkan program keselamatan berkendara dalam upaya meningkatkan efektifitas edukasi yang dilakukan untuk masyarakat demi terwujudnya keselamatan berkendara.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi konsultasi dan pertukaran data dan/atau informasi, penelitian, pelatihan, dan pengembangan program keselamatan berkendara, riset/survei pasca edukasi yang dilakukan oleh pengemudi sepeda motor, kolaborasi investigasi kecelakaan lalu lintas kendaraan sepeda motor, pengembangan edukasi keselamatan berkendara, mendukung Astra Honda Motor Accident Research Center, pengembangan SDM di bidang kendaraan bermotor roda dua, program pertukaran SDM di bidang kendaraan bermotor roda dua, dan promosi program keselamatan kendaraan bermotor roda dua.

Soerjanto menyampaikan apreasiasinya atas inisiatif Astra Honda Motor Accident Research Center yang senantiasa melakukan evaluasi bagaimana dan sampai sejauh mana efektifitasnya hingga mendapat hasil bahwa sudah dilakukan safety riding namun angka kecelakaan masih belum signifikan turun, serta tidak berhenti melakukan kajian-kajian yang berkontribusi untuk meningkatkan keselamatan kendaraan khususnya roda dua.

“terima kasih kepada AHM telah mengajak KNKT untuk sama-sama mempelajari dan mencari solusi terhadap hal apa saja yang bisa meningkatkan keselamatan terutama untuk kendaraan bermotor roda dua”, ujarnya.

Hasil investigasi KNKT selama dalam kurun waktu 3 tahun belakangan ini menyimpulkan bahwa kecelakaan yang dialami oleh pengendara kendaraan roda dua disebabkan oleh faktor kedisiplinan, di mana aktifitas berkendara sehari-hari seperti tidak mengenakan helm, bermuatan lebih dari dua orang, melawan arus, sudah menjadi suatu hal lumrah yang justru sebenarnya sangatlah berbahaya. Selain itu, kebiasaan tersebut secara tidak langsung bersifat turun temurun antar generasi selanjutnya yang terbiasa melihat orang tua, keluarga, atau temannya melakukan ketidak disiplinan di jalan.

“sehingga menjadi jelas nantinya, apa pr pemerintah, apa pr ATPM, dan apa pr bagi masyarakat. diharapkan dari penelitian-penelitian ini dapat menghasilkan hasil yang spesifik, jadi akan ada riset tentang bagaimana peningkatan kedisiplinan, bagaimana safety riding, apakah perlu dimodifikasi agar bisa lebih relate sehingga lebih mengena atau lebih dekat dengan masyarakat”, kata Soerjanto.

Ke depannya KNKT berharap dapat bekerja sama dengan sekolah-sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kementerian Kebudayaan mengenai pembentukan karakter untuk berkeselamatan berkendara.

“semoga penelitian kecelakaan ini bisa ditangani secara serius dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi atau masukan-masukan yang efektif untuk dilaksanakan dan realistis untuk diterapkan”, tutup Soerjanto.

GPR KOMINFO