Berita KNKT

KNKT DAPAT BANTUAN INVESTIGASI DARI PIHAK BOEING

Admin Portal - Senin, 08 Pebruari 2021
Jumlah Dilihat: 185 kali

JAKARTA – Ketua Subkomite investigasi kecelakaan penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Capt. Nurcahyo Utomo, menyampaikan bahwa KNKT telah mendapatkan bantuan dari sejumlah pihak dari luar negeri dalam menginvestigasi penyebab kecelakaan pesawat Sriwijaya SJ182. Bantuan ini berasal dari National Transportation Safety Board (NTSB) sebanyak empat orang, empat orang dari pabrik pesawat Boeing, satu orang dari Federal Aviation Administration (FAA), satu orang dari pabrik pembuat mesin pesawat General Electric. "Semuanya berasal dari Amerika Serikat, kecuali dua orang dari Singapura,” ujarnya Selasa (19/1) di Jakarta.

Nurcahyo menerangkan, bantuan tersebut dijalankan sesuai dengan perjanjian kerjasama antarnegara ASEAN dan ketentuan dari Internasional Civil Aviation Organization (ICAO). Ketentuan ini menyebutkan, negara pembuat pesawat terbang berhak berpartisipasi dalam proses investigasi.

Adapun tentang data Flight Data Recorder (FDR) yang telah berhasil diunduh, mantan pilot senior tersebut mengungkapkan, pihaknya sudah berhasil mengunduh 370 parameter, durasi 27 jam, sebanyak 18 penerbangan termasuk penerbangan SJ182 rute Jakarta – Pontianak yang mengalami kecelakaan. "Data-data ini detilnya masih belum bisa kami publikasikan," ucap Nurcahyo.

Saat ini, KNKT bersama Basarnas dan pihak terkait lainnya masih berupaya menemukan Cockpit Voice Recorder (CVR). Data CVR sangat dibutuhkan untuk mendukung data yang sudah ada sebelumnya. KNKT akan tetap meneruskan pencarian CVR ini, meskipun Basarnas sudah menghentikan operasi pencarian korban. “Kami berharap dalam 30 hari setelah kecelakaan, kami dapat menyusun laporan awal untuk disampaikan kepada seluruh masyarakat luas,” ujarnya.

GPR KOMINFO