Berita KNKT

KERJA SAMA KNKT DAN BASARNAS

Admin Portal - Jumat, 11 Maret 2022
Jumlah Dilihat: 322 kali

JAKARTA –Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) bersama Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) sepakat menjalin kerja sama. Kerja sama dalam bentuk nota kesepahaman ini merupakan bentuk sinergi antar lembaga pemerintah dalam bidang pencarian dan pertolongan pada kecelakaan transportasi. Penandatanganan nota kesepahaman atas kerja sama ini dilaksanakan pada rangkaian acara Rapat Kerja Nasional Basarnas “Cepat Tanggap Indonesia Maju”, 23 Februari 2022 di Gedung Basarnas, Jakarta.

Nota Kesepahaman ini dimaksudkan untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki oleh KNKT dan Basarnas dengan memperhatikan batas kemampuan serta mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi para pihak untuk mewujudkan hubungan yang saling menguntungkan, saling menghormati, dan saling mendukung berdasarkan prinsip keadilan serta keseimbangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi berbagi pakai data dan informasi, kerja sama dalam bidang investigasi kecelakaan transportasi, pelatihan operasi pencarian dan pertolongan, pemanfaatan sumber daya, dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Kita berharap dengan adanya kerja sama ini, pencarian dan pertolongan dalam konteks kecelakaan transportasi akan bisa dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. KNKT juga sangat mengapresiasi bantuan-bantuan dari Basarnas selama ini dalam proses pencarian barang bukti di kecelakaan-kecelakaan transportasi”, ujar Wakil Ketua KNKT, Haryo Satmiko, pada saat dimintai keterangan di Gedung Basarnas, Jakarta Pusat.

Di lapangan, KNKT dan Basarnas kerap melakukan kerja sama operasional dalam bidang pencarian pada kejadian kecelakaan transportasi. Salah satu kecelakaan besar yang membutuhkan sinergi antara KNKT dan Basarnas adalah kecelakaan jatuhnya Sriwijaya Air SJY-182 di perairan kepulauan seribu Januari 2021, yang mana membutuhkan waktu tiga hari untuk menemukan Black Box pesawat dan pada akhirnya diserahkan kepada KNKT oleh Basarnas.

“Selamat ulang tahun juga yang ke-50 untuk Basarnas. Semoga ke depannya dapat lebih bersinergi lagi untuk menanggulangi kecelakaan-kecelakaan transportasi”, tutup Haryo.

GPR KOMINFO