Berita KNKT

DUKUNGAN STAKEHOLDER TERHADAP KESELAMATAN TRANSPORTASI ANGKUTAN LEBARAN TAHUN 2022

Admin Portal - Jumat, 22 April 2022
Jumlah Dilihat: 116 kali

JAKARTA – Dalam rangka meningkatkan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2022 (1443 H) yang berkeselamatan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagai koordinator bidang keselamatan transportasi berkirim surat kepada beberapa stakeholder terkait guna mengantisipasi terjadinya peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan angkutan lebaran, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum.

Oleh sebab itu, KNKT memohon bantuan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk dapat memberikan informasi perkiraan cuaca selama masa angkutan lebaran tahun 2022 terutama prediksi cuaca ekstrim. Diharapkan nantinya setiap operator transportasi mendapatkan informasi terkait perkiraan cuaca sebelum melakukan perjalanan terutama moda pelayaran dan penerbangan.

Sebagai upaya antisipasi terkait kecepatan penanganan kecelakaan pelayaran terutama pada kapal penyebrangan yang melayani rute Merak – Bakauheni, maka kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) KNKT meminta agar dapat menempatkan helikopter di Pelabuhan Merak atau Bakauheni dan ruas tol Jawa Sumatera, serta penempatan kapal SAR di Perairan Selat Sunda.

Mengingat penggunaan kendaraan sepeda motor jarak jauh sangat tidak disarankan karena rawan sekali terjadi kecelakaan, KNKT menghimbau kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan untuk dapat mempersiapkan transportasi pengangkutan khusus sepeda motor.

Serta persiapan kapal pengangkut khusus sepeda motor juga KNKT harapkan kepada PT ASDP (Persero) guna mengantisipasi lonjakan pemudik, dikarenakan banyaknya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk melakukan penyebrangan terutama pada malam hari. Hal ini dilakukan para pemudik dengan maksud akan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Terjadinya peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan angkutan lebaran tahun ini akan menimbulkan salah satu dampak yaitu waktu perjalanan yang menjadi semakin lama, sehingga dapat mengakibatkan fatigue atau kelelahan bagi pada pengemudi. KNKT memberikan anjuran kepada Organda agar dapat mengantisipasi fatigue para pengemudi dengan memperhatikan jam kerja serta jam istirahat pengemudi angkutan umum.

Selain itu, sebagai bentuk pengingkatan antisipasi pengawasan di lintasan sebidang baik yang resmi maupun yang tidak resmi, serta dikarenakan terjadinya peningkatan jumlah pergerakan kereta api dan kendaraan bermotor, maka KNKT mengajak Direktorat Jenderal Perkeretaapian untuk dapat memberikan perhatian khusus dalam pengendalian lalu lintas di perlintasan sebidang.

Soerjanto Tjahjono selaku ketua KNKT turut mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi peraturan dan persyaratan perjalanan yang telah ditetapkan bagi para pemudik, “kita sangat berharap mudik angkutan lebaran tahun 2022 ini tidak hanya selamat namun juga sehat, tetap patuhi aturan yang berlaku dan terapkan selalu protokol kesehatan Covid-19. Serta apabila terjadi kecelakaan dengan adanya dukungan kerja sama stakeholder ini dapat diminimalisir dan segera teratasi,” ujarnya.

GPR KOMINFO